Apa bedanya Office 2016 dan Office 365?

Diantara pengguna microsoft office, banyak yang bertanya-tanya apa bedanya office 2016 dan office 365? Padahal secara sekilas nama dan fitur hampir sama. Berikut bedanya office 365 dan office 2016:

  • Office 2016

Office 2016 atau sering juga disebut dengan nama Office 16 merupakan versi dari paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang menggantikan Office versi sebelumnya yaitu Office 2013 dan Office untuk Mac 2011. Office 2016 ini dapat diperoleh dengan  menggunakan metode satu kali pembelian. Pengguna akan mendapatkan fitur baru dari aplikasi office 2016 seperti  Word,  Excel dan PowerPoint akan tetapi aplikasi Office tersebut tidak mendapatkan upgrade atau pembaruan fitur terbaru yang ditambahkan ke Office 2016 dari Microsoft. Pembelian satu kali hanya digunakan untuk satu perangkat saja baik PC ataupun Mac. Pada tablet atau smartphone hanya dapat melakukan fitur pengeditan dasar saja. Pada Office 2016 tidak mendapatkan ekstra penyimpanan online. Serta hanya mendapatkan dukungan teknis awal saja dari Microsoft  hanya saat  menginstall.

  • Office 365

Sedangkan Microsoft Office 365 juga sangat mudah digunakan bagi orang yang awam. Selain itu untuk berlangganan pengguna dapat memilih dengan membayar biaya langganan bulanan atau untuk membayar selama satu tahun. Kelebihan Office 365 pengguna akan mendapatkan versi baru aplikasi Office seperti Word, Excel, Power Point dan Outlook seperti pada Office 2016 akan tetapi pada Office 365 pengguna akan mendapatkan aplikasi tambahan seperti Access dan Publisher. Pada Office 365 aplikasi Office akan terus menerima upgrade atau pembaruan fitur terbaru dari Microsoft. Dengan Office 365 pengguna dapat menginstal aplikasi desktop Office hingga ke 5 komputer yang berbeda. Pada Office 365 terdapat  fitur ekstra pengguna juga dapat menginstal aplikasi Office di tablet atau smartphone sebanyak 5 perangkat. Office 365 juga menyediakan penyimpanan file secara online menggunakan cloud melalui OneDrive sebesar 1 TB per pengguna, sehingga file aman dan file tersebut dapat diakses dari mana saja. Selain itu Office 365 mendapatkan dukungan teknis tanpa biaya selama masih berlangganan Office 365

Semoga dengan perbandingan diatas, bisa mengurangi kebingungan mengenai office 2016 dan office 365, dan semakin mantap memilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Perbedaan utama adalah bahwa office 2016 sistem beli putus (1x beli, bisa pakai seterusnya), sedangkan office 365 bersifat langganan pertahun (tidak bisa digunakan jika berhenti langganan). Namun office 365 menawarkan harga yang lebih murah dan fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan office 2016.

Untuk membeli produk-produk Office 365 bisa dilihat di sini ya. Tersedia aneka produk lengkap di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s