Cara Mengatasi Laptop yang Lemot atau Lambat

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot atau Lambat

Laptop yang lemot dan lambat merupakan hal yang sangat mengganggu ditengah aktivitas yang padat dan yang membutuhkan kinerja dan performa laptop yang cepat. Ada beberapa tips dalam mengatasi laptop agar tidak lemot lagi. Mari simak beberapa tips berikut:

Virus Yang Menginfeksi Laptop Anda

Menurut saya virus yang bersarang pada laptop dapat menyebabkan kinerja dari laptop itu menjadi lambat, karena sebagian virus ada yang tinggal di memory pada saat laptop pertama kali melakukan booting, dan juga ada tipe virus yang sengaja memenuhi beban memory yang akhirnya memperlambat kinerja dari sebuah laptop. Untuk itu sebaiknya pastikan anti virus yang terpasang pada perangkat anda selalu terupdate, dan jangan lupa untuk melakukan scanning system secara teratur.

Salah satu tipe dari virus yang cukup menyebalkan ialah adware. Ketika Anda membuka suatu browser, langsung muncul iklan dari search engine nya atau homepagenya bukan default dari browser tersebut. Ini mengindikasikan bahwa laptop Anda telah terkena virus adware. Ini dikarenakan Anda asal menginstall software tanpa mengerti dan membacanya terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan software “Adware Remover”.

Uninstall Program yang Tidak Dibutuhkan

Terlalu banyak program yang di install pada sebuah laptop juga dapat memperlambat kinerja dari laptop itu sendiri, karena program – program tersebut juga memakan resource memory dari laptop kita sehingga menyebabkan pengalokasian memory menjadi tidak optimal. Untuk itu uninstall program – program yang tidak perlu, terutama program – program berukuran besar, misal yang sudah habis masa trial dan tidak dapat digunakan lagi.

Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Debu yang banyak menumpuk pada bagian dalam laptop juga dapat mempengaruhi kinerja dari laptop teresebut, karena banyaknya debu menyebabkan sirkulasi udara didalam laptop mejadi buruk dan dampaknya adalah panas yang dihasilkan laptop tidak dapat dialirkan keluar dengan baik. Bagian – bagian yang perlu dibersihkan seperti fan dan juga tempat sirkulasi udara, serta dapat menambahkan thermal paste pada bagian processornya. Panas yang berlebih menyebabkan menurunnya kinerja dari laptop yang kita gunakan.

Tambah RAM

RAM yang terlalu kecil juga mempengaruhi kinerja, karena tidak dapat cepat dalam menjalankan atau mengeksekusi suatu perintah yang diberikan, sehingga proses yang dijalankan menumpuk dan membebani system. Ada baiknya apabila kapasitas RAM dirasa kecil, dapat melakukan upgrade, tetapi juga harus memperhatikan hal – hal yang ada, seperti yang sudah saya paparkan pada artikel yang satu ini.

Solusi Akhir

Apabila cara-cara di atas tidak dapat menghindarkan kinerja laptop anda dari lemot juga. Dapat diprediksi bahwa laptop anda sudah ketinggalan spesifikasi karena keluarnya applikas baru serta juga game dengan spesifikasi yang lebih tinggi sehingga membutuhkan kinerja processor dan ram yang lebih cepat dari biasanya. Kami merekomendasikan anda untuk mencoba laptop Panasonic Toughbook yang mempunyai spesifikasi yang handal dalam membantu bisnis ataupun dapat digunakan dengan santai untuk bermain game dan sebagainya. Segera hubungi team sales kami untuk mendapatkan harga Panasonic Toughbook dengan harga termurah & bergaransi resmi. Salah satu tipe yang kami rekomendasikan adalah Panasonic Toughbook CF-54. Segera hubungi team sales kami untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s